Sejarah Jejaring Sosial

Diposting oleh Ilhamfree Share Info pada 09:35, 31-Mar-13

Di: INFO Pengetahuan , INFO Teknologi , Seputar Info

Layanan jejaring sosial adalah layanan dalam jaringan, platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan sosial atau hubungan sosial di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang, atau hubungan dunia nyata yang sama. Suatu layanan jejaring sosial terdiri dari perwakilan masing-masing pengguna (biasanya berupa profil), hubungan sosialnya, dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan ini berbasis web dan penggunanya berinteraksi melalui Internet, seperti surat elektronik dan pesan instan. Layanan komunitas dalam jaringan kadang dianggap sebagai layanan jejaring sosial, meski dalam artian yang lebih luas layanan jejaring sosial bersifat terpusat pada individu, sementara layanan komunitas daring bersifat terpusat pada grup. Situs-situs jejaring sosial memungkinkan pengguna berbagi ide, aktivitas, acara, dan ketertarikan di dalam jaringan individunya masing-masing.

ilustrasi1.jpg

Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya banyak upaya yang dilakukan untuk untuk mendukung jaringan sosial melalui komunikasi antar komputer atau yang disebut dengan internet.
Situs jaringan sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang fokus utamanya pada hubungan antar mantan teman sekolah kemudian pada tahun 1997 SixDegrees.com juga memperkenalkan situs jaringan sosial yang membuat hubungan pertemanan tanpa harus mengenal terlebih dahulu.

Kemudian muncul dua jenis jaringan sosial yang berbeda sekitar pada tahun 1999. Jaringan sosial ini berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan jaringan sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs yang berdomain .UK regional pada tahun 1999 sampai dengan 2001.

Dengan terus berkembangnya jaringan sosial. Banyak inovasi yang dilakukan sehingga tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan penggunanya kontrol yang lebih untuk page mereka yang berisi data pribadi di dalam jaringan sosial. Pada tahun 2005, suatu layanan jaringan sosial MySpace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google. Namun kemudian muncul Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Pada awalnya anggota hanya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam waktu dua bulan , anggotanya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Dan kemudian berkembang terus dengan cepat sehingga mengancam MySpace.
Jaringan sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo! 360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini. Dan data terakhir yang kami dapatkan saat ini Facebook menduduki peringkat pertama jaringan sosial. Hal ini tentu tidak terlalu mengejutkan karena banyak fitur-fitur yang di tawarkan oleh situs jaringan sosial ini.

fupei1.jpg

Selain itu saat ini bangsa indonesia patut berbangga karena muncul jaringan sosial bernama FUPEI. FUPEI adalah situs jejaring sosial buatan warga negara Indonesia, Sanny Ghaddafi. FUPEI sendiri adalah Kependekan dari Friends Unity Program Especially Indonesia. FUPEI juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang tidak kalah menarik dari situs jaringan social lainnya, seperti Download dan Upload foto, musik, dan video seperti halnya situs YouTube. Plus, FUPEI lain bisa memberi komentar terhadap karya fupeis-sebutan untuk member FUPEI.


Bagaimana sobat, jejaring sosial apakah yang sering kalian pakai..?


Artikel Sebelumnya :



Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

15 tanggapan untuk "Sejarah Jejaring Sosial"

Saepulole pada 10:17, 31-Mar-13

ijin nyimak gan . .
Kunbal nya ditUngGu . .


Saepulole.mywapblog.com/cara-sedot-pulsa-lewat-web.xhtml

ALFARIZI BLOG pada 10:40, 31-Mar-13

Mantap gan

ARZ ZONE pada 11:10, 31-Mar-13

pertamax sob..

Kunbal sukses

MyPhones Cyber Art pada 13:39, 31-Mar-13

nenek moyang fb tuh...
ternyata fb jauh lebih muda smile

http://myphones.mywapblog.com/trik-internet-gratis-xl-april-2013-work.xhtml

Robbot Info pada 14:32, 31-Mar-13

mantap sob memberi ilmu pengetahuan ke sesama

arif rahmadhani pada 22:31, 31-Mar-13

hadir gan.
Info yang mantap

di tunggu kunbalnya

Rohmat Widi pada 22:38, 31-Mar-13

Selamat sore sobat.
Postinganya keren dan
mantaff.

SALAM SUKSES

http://ilhamfree.mywapblog.com/situs-jejaring-sosial-pertama-di-dunia.xhtml

Harry pada 07:03, 01-Apr-13

kunjungan silaturahmi sob, nice post.
sukses trus buat admin dan blognya.

HANTU REA REO pada 09:01, 01-Apr-13

nice info sob..

Adi Nofyan pada 19:01, 01-Apr-13

wah makasih sob ilmunya

Zetsu pada 03:42, 03-Apr-13

Hadir dipagi hari gan,,mantap dah moga suxcez slalu ma blogx
gan,,mampir ya ada new pozt biggrin

BlorongRemajaAsyik pada 12:25, 03-Apr-13

keren sob,. smile
maaf ya krna bru mampir ke blog kamu, sad
soalnya hp rosak, jdi skrg uda sulit tuk update blog,. sad
Sucses Selalu Ya Sob, Ku Sentiasa Mendukung Kamu,.. smile

Rifkah iqbal pada 00:47, 04-Apr-13

mantap bozz.. smile
ditunggu kunbalnya..

eriksimamora pada 03:48, 05-Apr-13

yuppss..ane bisa ngeblog lantaran jejaring tadi kang...thanks buat jejaringnya

NAK TUNJU pada 09:28, 10-Apr-13

hadir gan. maaf telat.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar